e- Channel Bank Mandiri Layani Pembayaran Pungutan Kelapa Sawit

By Admin


nusakini.com - Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A Arianto di sela-sela peluncuran Layanan Elektronik Pembayaran Pungutan Dana Sawit oleh perbankan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/5/2016) menyampaikan, Bank Mandiri menyiapkan layanan elektronik untuk memudahkan dan meningkatkan kenyamanan para pelaku usaha di sektor industri kelapa sawit (CPO) dalam melakukan pembayaran pungutan ekspor. Melalui sistem ini, pembayaran pungutan ekspor CPO akan dapat dilakukan via jaringan Mandiri ATM, internet banking, serta Mandiri Cash Management. 

Sistem pembayaran elektronik ini akan melengkapi layanan pembayaran pungutan ekspor CPO yang sebelumnya dilakukan dengan cara manual, di mana pada tahun 2015, pembayaran pungutan ekspor CPO di Bank Mandiri mencapai Rp 5,2 triliun atau sekitar 75% dari total pungutan ekspor CPO di perbankan. 

" Semoga langkah ini dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di industri kelapa sawit ", jelas Sulaiman. 

Lanjut Sulaiman, selain kemudahan dan kenyamanan, juga akan memudahkan Badan Pengelola Dana Pungutan Kelapa Sawit (BPDPKS) karena proses verifikasi data dalam dilakukan secara real time. 

" Pada Maret 2016, pembiayaan Bank Mandiri ke sektor kelapa sawit mencapai Rp 58,32 triliun, baik untuk on farm maupun off farm", kata Sulaiman. 

Dari total pembiayaan tersebut, kata Sulaiman, pembiayaan khusus pada pengembangan perkebunan kelapa sawit (on farm) mencapai Rp 49,15 triliun. Sedangkan pembiayaan pada sektoroff farm, yang meliputi produk turunan kelapa sawit baik refinery maupun oleochemical mencapai Rp 9,16 triliun.(if/mk)